July 4, 2019

Day 4: Ke Plasa Bertemu Para Suhu

This is our 4th day!

Hari keempat~
Pagi ini setelah mengisi perut pakai nasi kuning depan kantor yang ternyata pedes banget, kami menghadap ke kakandatel kami, Pak Ade. Pak Ade langsung menginstruksikan aku & Rara untuk ke Plasa Telkom Subang yang jaraknya +1km aja dari datel. Faza stay di datel karena akan ikut ke lapangan bareng Pak Karwan CS. Tujuan kami berangkat ke Plasa adalah untuk ngobrol-ngobrol lebih jauh dengan 'suhu-suhu' yang in line dengan job function kami.

Aku & Rara diantar Kang Yayan pakai mobil ke Plasa. Berangkatlah kami~



Sampai di Plasa Telkom Subang


Sampai di Plasa, aku dan Rara alhamdulillah disambut dengan hangat oleh orang-orang di sana. Awalnya tentu sama Pak Satpam yang kemudian mengarahkan kami berdua untuk isi buku tamu. Lalu kami masuk deh ke Plasa. Di situ ada Teh Ana & Teh Diana yang bertugas di balik meja sebagai Customer Representative. Lalu kami dipersilakan Kang Yayan untuk ke dalam, ke ruang kru untuk bertemu seluruh penghuni Plasa. Ada Pak Leo, Mas Nendi, Mas Hadi, Teh Hera, Kang Agung, dan lainnya.

Plasa Telkom Subang ini adalah tempat yang dituju oleh pengguna Indihome Subang untuk melakukan pembayaran tagihan, atau melaporkan gangguan/keluhan. Kalau Telkomsel punya Grapari, Indihome punya Plasa ini. Ada 3 Telkom Plasa di seluruh wilayah Subang. 2 lainnya yaitu di Kalijati & Pegaden. Total Customer Representative ada 4 orang. Di Kalijati 1, di Pegaden 1, dan di Subang ini 2 orang yaitu Teh Ana dan Teh Diana.

Sama Teh Ana & Teh Diana

Account Manager Penuh Dinamika


Pertama, aku dan Rara ngobrol banyak dengan Mas Hadi. Mas Hadi adalah Account Manager (AM) eksternal untuk segmen Enterprise, di bawah Unit BGES Karawang. Kami kupas cukup dalam mengenai 'medan'nya AM Enterprise, suka dukanya, mudah sulitnya, enak enegnya. Sesuai banget deh sama Telkom yang penuh dinamika.

Setelah tuntas ngomongin Enterprise, aku lanjut ke segmen selanjutnya yaitu Government sama AM-nya langsung yaitu Mas Nendi. Mas Nendi adalah AM yang megang seluruh kerja sama Telkom Subang bersama pihak pemerintah (kedinasan maupun kementerian) di wilayah Subang. Di sini masalah-masalah yang dibagi ngga kalah kompleks dan penuh dinamika dengan segmen Enterprise. Banyak hal-hal yang cukup bikin aku kaget sampe 'jaw dropped' gitu dengar cerita dari Mas Nendi. Well, sebenernya predictable sih hal-hal yang diceritakan, tapi untuk jiwa naif seperti Sarah Mustika, tetap aja kaget karena.... WoW hal-hal itu betul terjadi di dunia nyata boiii.

Sementara itu, Rara ngobrol sama Teh Hera & Kang Agung perihal sales & keuangan. Things I don't really understand deh ya kurang lebih. Setelah itu Rara lanjut ngobrol sama Teh Ana untuk bahas lebih dalam soal customer dan segala permasalahannya.



Sama Mas Hadi
Sama Tim Telkom Plasa Subang

Setelah obrolan dirasa cukup, insights mulai berkumpul di kepala, dan kepala gue & Rara pusing karena terpapar asap rokok berjam-jam, aku dan Rara balik ke datel. Sampai di datel akhirnya kami bersua lagi sama Faza yang seharian nempel Pak Karwan. Nih aku bonusin foto Faza sama Pak Karwan ya~

Pak Karwan & Faza
  
Aku & Rara gak langsung pulang karena pengen beli roti di 'mal' Yogya Grand Subang. Iyes di lobbynya ada roti puffy enak banget isi cream vanilla yang sekarang aku sesalkan kenapa tadi cuma beli 1 biji :" Tapi yah namanya wanita, niatnya ke suatu tempat untuk A, realisasinya M-N-O-P-A. Liat-liat tas, baju, beli makan, beli es oyen, baru deh beli roti tujuan awal. Setelah itu baru deh balik ke kosan.

Rara & Acha di foodcourt yang ternyata isinya indah2 *.*



No comments:

Post a Comment