October 15, 2018

2 Hobi Ini Bisa Menambah Uang Jajanmu

Hobi kamu apa?

Pasti seru ya ketika punya sebuah kegiatan yang digemari, di luar kegiatan rutin kita sehari-hari. Di pagi hari kita membuka mata, kita tahu hal apa saja yang akan kita lakuin. Bisa jadi pergi sekolah untuk bertemu dengan guru yang itu-itu lagi, atau berangkat kerja berdesakan di kereta seperti sekumpulan zombie lagi, atau mengurus pekerjaan rumah tangga yang numpuk-numpuk lagi. 5 hari dalam seminggu hal itu tak hilang dari beban di pundak. Bosan? Wah, ngga perlu ditanya lagi! Di sinilah gunanya punya hobi.



Kata 'hobi' diserap dari kata dalam bahasa Inggris 'hobby' yang sepadan dengan kata 'kegemaran' dalam bahasa Indonesia. Sesuai artinya, hobi berarti kegiatan yang gemar dilakukan seseorang. Karena kegiatan ini digemari, hobi seringkali menjadi kegiatan pelepas penat dan relaksasi. Hobi pun seringnya adalah bidang yang sangat berbeda dari bidang pekerjaan yang sehari-hari seseorang lakukan. Seorang pengacara bisa jadi memiliki hobi melukis. Seorang pengusaha bisa jadi memiliki hobi mengumpulkan perangko.


Hobi bisa beragam dan setiap orang wajar memiliki hobi yang berbeda. Hobi bisa merupakan kegiatan luar ruang seperti mendaki gunung, berenang, wisata kuliner, atau kegiatan dalam ruang seperti membaca novel, bermain game online, atau memasak. Hobi juga bisa dilakukan sendirian seperti membaca dan memancing, atau dilakukan bersama-sama seperti karaokean dan ngeband.

Sekarang, bayangkan deh kalau hobi yang kamu lakukan bisa sekaligus mendatangkan pundi-pundi uang. Wah, surga dunia, ya! Yap! Hobi bukan melulu soal membuang waktu dan uang, karena kedua hobi ini bisa membantumu mengumpulkan uang jajan tambahan loh. Apa saja ya hobi-hobi yang bisa mendatangkan uang?

1. Menulis

Hobi yang satu ini adalah hobiku sendiri. Hehe. Ketika mendengar kata 'menulis', jangan langsung merujuk pada hobi orang-orang seperti Habiburrahman El Shirazy, Mira W, atau J.K. Rowling ya. Output menulis ngga selalu buku loh. Di jaman yang serba mudah ini, kita bisa menuangkan tulisan kita di dalam forum online, blog pribadi, notes facebook, atau yang paling sederhana caption instagram. Menulis bukan soal bakat atau ngga berbakat, melainkan sering atau ngganya kita menulis. Semakin sering menulis, kemampuan menulis kita pasti semakin baik.

Tak jarang di kantor pun menyempatkan menulis

Bagaimana menulis bisa mendatangkan uang?

Raditya Dika adalah salah satu penulis sukses yang memulai karirnya melalui blog. Melalui tulisan-tulisannya yang super jenaka tapi juga jujur dan dekat dengan kehidupan pembaca, Raditya Dika berhasil jadi satu dari sedikit penulis papan atas di Indonesia. Untuk kita yang baru memulai, mulailah dengan membuat blog dan mulai menulis di sana. Jangan lupa bagikan tulisanmu melalui media sosial agar menarik orang untuk berkunjung.

Nah, jangan lupa pasang iklan di blogmu. Layanan iklan ini bisa kamu gunakan melalui AdSense Google. Kamu tinggal daftar di sana, lalu daftarkan blogmu sebagai penerima iklan. Ibaratnya, kamu persilakan orang-orang untuk memasang 'spanduk' di halaman rumahmu.

Selain blog, kita juga bisa menyalurkan tulisan kita ke media-media cetak atau media massa. Saat ini media cetak memang sudah sangat jarang ditemui, tetapi mereka masih ada loh. Kalau kamu suka menulis puisi, cerita pendek, atau artikel opini, kamu bisa mengirimkan tulisan ke redaksi media massa. Hampir semua media massa menerima tulisan pembaca kok! Infonya sangat banyak tersedia di internet. Untuk komisinya bisa beragam, mulai dari Rp50.000/tulisan, hingga ratusan ribu tergantung regulasi dari media massa.


2. Fotografi

Fotografi ngga melulu soal kamera puluhan juta dan lensa berkilo-kilogram. Hampir semua telepon genggam sekarang memiliki kamera. Kamu, iyaa kamuuu, yang sedang baca ini, pasti punya ponsel berkamera, kan? Bermodal ponsel, kamu yang hobi fotografi sudah bisa menyalurkan hobimu. Enaknya fotografi adalah, apapun bisa dijadikan objek foto, hanya saja harus pintar-pintar mengatur komposisi, angle, hingga timing.

Sekarang pun sudah sangat mudah membagikan hasil jepretan kita. Yang paling populer tentu instagram. Namun, media sosial lain bisa jadi tempat hasil jepretan kita dipajang. Dilengkapi dengan caption yang menarik, hasil jepretan kita bisa dikagumi banyak orang. Tapi, dikagumi saja ngga cukup untuk menambah uang jajan, kan?

Bagaimana fotogafi bisa mendatangkan uang?

Seperti menulis, kita bisa menghasilan uang dari hobi fotografi loh. Cara pertama adalah buka jasa fotografer acara. Kamu bisa mulai dari menawarkan teman dekatmu untuk menjadi jasa fotografernya di acara-acara seperti wisuda, bridal shower, pernikahan, atau ulang tahun.

Cara kedua adalah dengan menjadi member/kontributor di situs-situs fotografi yang bersedia menjualkan fotomu. Situs-situs seperti shutterstock.com, fotolia.com, dan 123rf.com terbuka untuk kamu yang ingin bergabung. Nantinya, kamu bisa memajang fotomu di situs tersebut, lalu bila ada pengguna yang bersedia membayar untuk menggunakan fotomu, tentu kamu akan mendapat komisi.

Untuk fotografi, ngga dipungkiri memang dibutuhkan gawai/gadget yang mumpuni untuk menghasilkan hasil yang maksimal, dan kadang harganya fantastis dan bombatis. Tapi sekarang sudah banyak kamera digital mirrorless yang harganya masih terjangkau tapi hasilnya sudah sangat bagus, menyamai kamera-kamera dengan harga puluhan juta.

Sony A6000 salah satu kamera mirrorless unggulan

Kamera Mirrorless Sony A6000 adalah satu kamera yang recommended banget untuk kamu yang hobi fotografi. Dengan hasil kamera 24 megapixel yang ciamik dan jernih banget, kamu jadi semakin mudah menghasilkan karya foto yang indah dan sarat makna.
Jangan bingung untuk mencari di mana yang jual kamera Sony A6000 ini. Blibli.com menyediakan produk-produk fotografi termasuk Sony A6000 ini dengan kualitas terjamin dan harga yang bersaing tentunya.



Nah, bagaimana dengan hobimu? Apakah kamu punya satu hobi yang selalu membuatmu semangat? Satu hobi yang membuatmu menunggu-nunggu datangnya akhir pekan? Kalau kamu punya dan hobi itu membuatmu bahagia, terus lakukan saja! :)

4 comments:

  1. yang bisa saya lakukan dari 2 opsi diatas menulis. itupun dari blog ya karena hobi. Jadi sekalian nambah uang jajan deh. Blog di monetize dengan dipasangin iklan. Tapi kalau trafik kecil, hasilnya juga kecil mbak, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes setujuu, kalau mengandalkan iklan dan traffic blog memang butuh waktu dan usaha ekstra. Tapi bisa juga mendatangkan uang dalam bentuk endorsement atau, kalau mau coba2, ikut lomba menulis di blog juga :D
      Banyak cara dari menuliss

      Delete
  2. Hmmm sepertinya seru nih ngeklik2 iklan disini, sedikit ngebantu lah yaa~

    (setelah itu ditraktir dari hasil adsense wkwkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :)) tapi hasil adsense masih super keciiiil. Traktir cilok juga masih belom mampu wkwkw

      Delete