September 28, 2018

Siomay Telkom, Tempat Wajib kalau Ke Jogja

Banyak hal yang identik dengan Jogja.
Kalau buatmu, kata apa yang paling menggambarkan Jogja? Romantis? Budaya? UGM? UMR kecil Serba Murah? Atau Kuliner?

Soal kuliner, Jogja ngga pernah kehabisan pilihan. Dalam hitungan bulan saja, pasti ada tempat makan atau kafe baru yang 'hits' di kalangan anak muda. Sejujurnya aku bukan tipe yang ngikutin pertumbuhan tempat-tempat makan sih. Makanya, kalau soal tempat makan, aku susah buat move on. Hehe.

Nah, satu tempat makan ini adalah tempat makan yang menurutku underrated. Memang sih di internet sudah banyak yang mengulas, tapi yang satu ini entah kenapa belum jadi 'ikon' kuliner Jogja yang cukup kuat. Padahal siang sedikit aja, seringnya stoknya sudah tipis. Siomay Telkom namanya.


Setia sejak SMA


Kali ini aku mau berbagi cerita tentang satu tempat makan di Jogja yang ada di salah satu daftar tempat wajib tiap pulang kampung. Tempat makan ini adalah Siomay Telkom!


Kedai Siomay Telkom Jalan Juadi Yogyakarta

Pertama kali tahu tempat ini pas aku kelas X SMA gara-gara letak sekolahku deket banget dengan si Siomay Telkom atau sering disingkat SioTel ini. Lokasi Siotel ada di belakang gedung Telkom Kotabaru, alamat tepatnya di Jalan Juadi No.1, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Sebelah SDN Serayu.

Sejak SMA, aku dan teman-teman hobi banget makan siomay di sini. Selain letaknya deket karena tinggal menyeberang Jalan Suroto, harganya juga pas di kantong siswa. Faktor paling utama yang bikin aku sayang banget sama siomay ini adalah rasa siomay dan kuahnya yang enak banget!


Beda Siomay Telkom dengan yang Lain


Di Siotel ini aku pertama kali menemukan siomay yang digoreng. Aku kurang tahu di tempat lain apakah sudah ada sebelumnya.

Jadi cara kerja di siotel ini adalah, pertama kita dateng langsung pilih dulu kombinasi siomaynya. Siomay akan langsung diambil dari 'dandang'nya. Pilihan yang disediakan itu:

  • Siomay
  • Tahu putih
  • Kentang
  • Telur rebus
  • Kol gulung

*)Selain kol gulung, semuanya bisa digoreng dulu.

Setelah pilih kombinasi dan jumlahnya semau kamu, tinggal request mau digoreng dulu atau ngga. Kalau ngga digoreng, langsung disiram saus kacang dan bawa deh ke mejamu. Kalau minta digoreng, kamu tinggal ke meja dan tunggu piringmu diantar.

Kuah kacangnya menurutku kinda lebih encer dibanding kuah siomay kebanyakan. Tapi, rasanya pas banget aja di lidah. Asin, gurih, dan manisnya pas dan ngga pedes. Kalau mau kuah ekstra bisa minta ke mas-mas penjualnya. Di sini menjunjung asas kekeluargaan kok~

Satu piring siomay telkom

Oh iya, karena tempatnya memang sederhana banget, minum yang tersedia yaa yang standar saja: teh es/panas, jeruk es/panas, air putih. Psst, di Jogja kamu gak harus bilang 'es teh manis' untuk dapat teh plus gula. Justru, kalau kamu mau teh tawar, kamu harus bilang 'teh tawar'. Kalau cuma bilang 'teh panas/es teh', yang datang pasti manis (masnya yang manis, yhaaaa~).


Harga


Selesai makan, kamu tinggal datang ke abangnya/mas-masnya lalu sebutkan tadi kombinasimu apa saja lalu dihitung deh. Hitungannya dihitung harga perbiji, tapi aku kurang tahu harga satuannya karena di tempatnya pun ngga ada daftar harga hehe, tapi jangan khawatir harganya pengertian buat dompet kok. Satu porsi di foto atas yang terdiri dari 2 siomay, 1 tahu, 1 kentang, 1 telur, 1 kol kalau tidak salah Rp14.000 saja. Harganya pas kan di kantong?

Untuk harga minuman sih standar warung-warung tenda, antara Rp3.000 - Rp5.000 aja.

Lokasinya betul-betul di tengah kota Jogja dan gampang banget dijangkau. Kalau naik kendaraan pribadi, jangan khawatir untuk urusan parkir karena bisa parkir di pinggir jalan. Kalau naik transportasi umum seperti Transjogja, kamu bisa turun di Halte Kridosono (SMP 5) lalu jalan ke belakang gedung Telkom.


Harus banget deh buat kalian yang lagi di Jogja, sempatkan ke Siomay Telkom ini. Tapi, datangnya jangan terlalu sore ya. Yaa maksimal pukul 15:00 deh biar stoknya aman. Kabari aku ya kalau ketagihan ;)

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment