April 22, 2018

Setengah Bulan Kalah, Kalian Jangan, Biar Aku Saja


Tepatnya lima belas hari aku dibuatNya kalah, tidak berdaya apa-apa hingga hanya sanggup berdiam diri di rumah (+ rumah sakit). Tanggal 7 April malam aku memang berencana pulang langsung dari berolahraga menuju ke rumah Irfan karena esok paginya kami akan berangkat bersama ke olahraga yang sama. Malam itu sepulang dari berolahraga, wasirku kambuh cukup parah sampai-sampai rasanya berdiri salah duduk salah semua serba salah.



Kronologi

Pertama kali wasirku muncul adalah di tahun 2016. Yang pertama itu cukup parah, tapi aku minumi obat saja dan beristirahat di kosan. Kurang lebih 2 minggu juga aku kalah waktu itu. Sejak itu, wasir beberapa kali kambuh tapi tidak parah, sehingga aku tidak terlalu menggubrisnya. Lalu akhirnya 2 minggu yang lalu wasir ini kembali, dan parah.

Besoknya, Tante Rika--mama Irfan--langsung mengajakku periksa ke klinik tak jauh dari rumahnya di bilangan Cibubur. Setelah diperiksa, dokter langsung yakin bahwa yang kualami ini tidak cukup biasa untuk dapat dimenangkan dengan obat saja. Dokter pun menyuruhku ke rumah sakit dengan bekal surat rujukan. Besoknya, aku ditemani Tante Rika dan Irfan periksa ke rumah sakit dan benar saja.
"Wah kalau ini satu-satunya jalan ya operasi", kata dokter yang ternyata satu almamater Padmanaba denganku.
Hm legit.

Begitu tahu aku akan operasi, mamah langsung pesan tiket pesawat ke Jakarta. Long story short, aku operasi. Operasi wasir dikenal sebagai salah satu operasi yang paling sakit masa recoverynya. Dan betul 1000000000%. Sakit banget anjirrr. Hehe. Wagelasehhhh. Betapa manusia itu tidak punya daya apa-apa ketika satu bagian tubuhnya saja dilumpuhkan.

Tapi alhamdulillah aku berhasil melalui masa-masa meng'asik'kan itu. Tentunya ditemani mamah, tante Rika, dan Irfan. Beberapa kerabatku dan keluarga Irfan juga sempat menjenguk ke RS. 3 hari pasca operasi, aku dibolehkan pulang.

Karena rasanya tidak mungkin anak singkong yang tinggal sendirian ini langsung kembali ke kosan dan hidup mandiri, aku masih menginap di rumah Irfan sejak pulang dari RS. Jalan Allah menlong hambaNya memang ada aja, ya. Betapa aku yang culun ini dipertemukan dengan keluarga yang super baik yang mau 'menampungku' sejak awal sakit hingga sehat kembali seperti sekarang. I am beyond grateful.

Berat, Biar Aku Saja

Operasi wasir itu sakitnya mantap djivva. Betulan. Dan 100% orang yang menjalani ya yang merasakan sakit. Tidak ada yang tidak sakit. Maka dari itu, aku betul-betul tidak ingin di antara kalian ada yang merasakannya juga. Sumpah, jangan sampai ada. Semoga kita semua sehat-sehat saja ya? Aamiin.

Nah, maka dari itu, aku di sini ingin berbagi beberapa 'fun facts' (halah) tentang wasir. Bukan aku sok-sok expert, bukan. Aku cuma orang yang kebetulan tahu bagaimana cara menggunakan Google. Aku cuma orang yang insyaAllah bisa membedakan situs mana yang valid dan tidak valid isinya sebagai rujukan kesehatan. Dan aku cuma orang yang kebetulan sudah mengalami wasir hingga operasinya.

Hal-Hal yang Meningkatkan Risiko Wasir

Ada beberapa hal yang kalau kita lakukan atau tidak kita lakukan dapat meningkatkan risiko muncul atau kambuhnya wasir. Kambuh? Yap. Karena wasir yang masih ringan itu tidak selalu muncul. Apa saja hal-hal yang meningkatkan risiko wasir? Ini dia:

1. Terlalu banyak duduk
Terutama untuk para pekerja kantoran yang sering harus duduk berjam-jam, harap waspada dan lebih peka. Usahakan sering meregangkan badan dengan berdiri/berjalan-jalan sejenak. Lama duduk membuat pantat panas dan dapat memicu munculnya wasir.

2. Terlalu banyak berdiri
Tidak hanya duduk, berdiri terlalu lama juga dapat memicu wasir muncul. Pada kasusku, ini yang memicu wasirku kambuh saat itu. Usahakan duduk sejenak kalau dirasa sudah cukup lama berdiri, ya.

3. Kurang makan serat & minum air putih
Jika kita kurang makan serat dan sedikit minum air putih, dapat memicu kerasnya tekstur feses. Jika feses keras, bisa memicu wasir muncul saat BAB karena mengejan terlalu keras hingga dinding anus terluka.
Dari mana kita bisa mendapatkan serat? Serat terkandung di buah-buahan, sayuran, agar-agar, dan kacang-kacangan. Berkaitan dengan hal ini, aku mengajak kalian semua untuk membiasakan "1 Hari 1 Buah". Kadang kita lupa dengan aspek buah di 4 sehat 5 sempurna, padahal buah adalah sumber serat yang sangat baik. Dengan "1 Hari 1 Buah" semoga kebutuhan serat dan vitamin bisa semakin terpenuhi, dan kita semakin terhindar dari wasir!

4. Kehamilan & melahirkan
Untuk poin yang satu ini, rasanya memang cukup alamiah, ya.

Hal-Hal yang Menurunkan Risiko Wasir

Baik kalian yang sudah punya wasir maupun yang belum, baiknya harus sama-sama mengurangi risikonya. Hal-hal yang harus dilakukan cukup mudah kok untuk mengurangi risiko wasir, diantaranya:

1. Jaga pola makan
Perbanyak makan serat dan minum air putih yang cukup. 1 hari 1 buah + 2 liter air. Kalau banyak minum air putih jadi kencing terus-terusan? Itu bukan masalah guys. Justru itu menandakan pencernaan masih bekerja dengan baik. Kita malah harus waspada kalau asupan cairan kita banyak, tetapi sedikit yang keluar. Baiknya cairan tetap dikeluarkan dalam bentuk kencing maupun keringat. I'll always remember this quote from now on:
"Jadikan makanan sebagai obatmu, sebelum obat yang menjadi makananmu"

2. Jaga pola aktivitas
Seperti yang sudah ku singgung di atas, hindari terlalu lama duduk maupun berdiri. Apalagi, kalau pantat sudah mulai berasa panas dan tidak nyaman segera imbangi dan make yourself comfort.

Pertolongan Pertama saat Wasir Muncul/Kambuh

Beberapa dari kalian pasti belum pernah mengalami wasir. Tapi, --amit-amit--jika suatu hari wasir datang, jangan kalut dan gusar dulu. Mungkin juga beberapa dari kalian ada yang sudah pernah wasir sebelumnya dan kambuhan. Apabila kambuh, kamu tidak perlu panik dan heboh, kok. Aku mau share beberapa tips pertolongan pertama saat wasir kambuh / muncul.

1. Makan buah dan minum air yang banyak
Hal ini bisa menolong melunakkan feses dan mendinginkan perut.

2. Minum obat pereda gejala wasir
Bisa obat-obat herbal seperti Hemocare, Hemoraldhin, atau obat yang paling mudah dijumpai, Ambeven.

3. Makan tape singkong
Yang satu ini, jujur aku belum membuktikannya. Tetapi, beberapa orang sudah bilang bahwa ini terbukti. Beberapa sumber di internet juga bilang bahwa tape singkong bisa mengurangi gejala wasir.

4. Minyak tawon
Kalau benjolan yang muncul kecil, bisa coba olesi sedikit minyak tawon. Jangan takut akan terasa panas. Olesi sedikit saja, ya. Minyak tawon terbukti mampu meredakan benjolan dan cukup nyaman setelah digunakan.

5. Kompres air es
Kalau benjolan sudah cukup besar dan sangat mengganggu, bisa coba kompres dengan air es untuk meredakan bengkak dan rasa nyerinya. Hal ini terbukti membantu juga.

Hm, apa lagi ya?

Mungkin itu saja dari aku. Semoga membantu untuk kalian yang bernasib sama denganku. Aku bersyukur bisa mengalami ini. Satu hal yang paling aku syukuri adalah bahwa aku yang mengalami sakit ini. Bukan mamah, atau saudara-saudaraku, atau Irfan, atau keluarga Irfan. Semoga kedepannya mereka terbebas dari sakit yang satu ini.

Aamiin.

Daaaah!
Doakan aku segera fully recovered yawww.



P.s. Ternyata banyak juga yang punya wasir. Beberapa waktu lalu, aku post story di Instagram. Beberapa tanya aku sakit apa. Setelah tahu aku wasir, beberapa dari mereka langsung bilang, "Astagaaa, aku juga punya wasir, Chaaa"
Ternyata diriku banyak temannya :")

2 comments:

  1. Waduh. Aku sering banget kak duduk lama-lama. Apalagi kalau lagi keasyikan ngolah data. Anyway terima kasih sudah menulis ini. Tersadarkan ✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yang begitu harus dihindari banget memang. Terima kasih kembaliii. Mulanya saya menulis ini memang agar orang lain lebih aware dengan penyebab penyakit Wasir, agar ngga ada yg kena lagi seperti saya ^^

      Delete