December 27, 2012

Beda Generasi, Beda Gaya

Pertama-tama, aku mau menegaskan kalau ini opini yak. Tulisan ini bersifat opini yang disertai fakta-fakta yang menguatkan opini saya ini. Tapi kembali lagi, ini sebatas opini =D
~~~
Banyak remaja sekarang ketika lihat anak kecil sekarang pasti punya pemikiran, "Apa-apaan, masih kecil mainannya iPad, bawaannya BB, mainannya di mall. Aku dulu bawaannya kelereng, mainan gobag sodor, pergi ke sawah. Ckckck..."
Pasti banyak punya pemikiran kayak gitu, kan?

Anak bawa gadget
Tapi pernahkah kita berkaca dan menerka, apa yang dikatakan para satu generasi di atas kita--orang tua-tentang kita? I guess they might think, "Remaja jaman sekarang bawaannya handphone ke mana-mana, internetan terus, nggak pernah srawung ke tetangga, pacaran pula!" Yaa, something like that.

Lalu apa bedanya antara anak2 bagi kita--para remaja-, dan kita bagi para orang tua? Sama aja, kan?
Gini, anak2 dan remaja, kita sama2 bentuk dari kekinian. Sedangkan remaja dan orang tua itu bentuk dari cerminan masa lalu. Cerminan masa lalu yang bagi masing2 generasi adalah generasi yang terbaik.
Remaja pacaran masa kini.
Banyak remaja yang berpikir, "seharusnya anak SD itu blablabla kayak jamanku, bukannya blablabla kayak sekarang," orang tua pun pasti berpikir begitu. Bedanyaaa, aku rasa orang tua akan lebih paham akan konsep ini. Maksudku, perkembangan IPTEK yang secara nggak langsung memaksa manusia untuk berkembang mengikutinya. Tidak bisa tidak.

Aku mengutip dari materi pelajaran Sosiologi pak Agus Santosa ya,

  • Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang, setiap masyarakat PASTI berubah, hanya ada yang cepat ada yang lambat.
  • Suatu hal baru yang sekarang ini bersifat radikal, mungkin saja beberapa tahun mendatang menjadi konvensional, dan beberapa tahun kemudian menjadi tradisional.

Mungkin memang harus kita terima bahwa cara hidup kita dahulu, yang kita anggap paling sesuai, di masa sekarang ini sudah tidak sesuai lagi dan jadi tradisional. Kalau kalian ambil program IPS di SMA pasti tahu tentang ini :|
Intinya, jangan menyalahkan perkembangan IPTEK, jangan menyalahkan masyarakat. Karena apa? Karena masyarakat PASTI berubah, seiring IPTEK yang terus berkembang. Tidak bisa tidak.


*aku lagi seneng pakai frasa "tidak bisa tidak" nih :D
*pictures from Google

No comments:

Post a Comment